Rabu, 12 Juni 2013

Cara Membuat Topeng Dari Bubur Kertas



Mungkin sederhana cara yang akan saya paparkan berikut ini, tapi semoga bermanfaat sob. Cerita dulu nie sebentar, karena tuntutan sebagai calon guru (Aminn) semester ini disibukkan banget dengan tugas kuliah yang numpuk abis. Nahhh,,, salah satu tugasnya yaitu membuat topeng pemirsa.
Mungkin sederhana ya tugasnya, tapi jujur malesnya minta ampun ya Allah. Jadi begini sob langkah-langkahnya:
1.      Sebelum hari H pembuatan Topeng, rendam terlebih dahulu Koran bekas di ember. Lebih lama direndam akan lebih baik karena akan membuat sikertas lembek abis. Tapi baunya itu kertas sob kaya comberan.
2.      Setelah siap pembuatan, siapin cetakan. Boleh dari apa aja, tapi yang lebih enak dari tanah liat sob. Karena bisa dibentuk sesuai dengan pola yang kita inginkan. Boleh cetak luar ataupun cetak dalam sob. Monggo dipilih.
3.      Setelah itu siapin tepung kanji dan air panas. Ingat sob!!! jangan banyak-banyak teupngnya, sesuaikan saja, masalahnya bau tuh tepung low lembap. Sebelum di campur sama tepung dan air panas lebih baik bubur Koran tersebut di tiriskan dulu. Setelah di campur semua bahan dan diaduk dengan merata. Selanjutnya silahkan ditempelkan ke cetakan dan siap untuk dijemur.
4.      Sebelum dijemur sebaiknya antara cetakan dan bubur kertas diberi kertas tisu atau lainnya yang gunanya agar tidak lengket saat hasilnya di angkat dari cetakan. Langsung dah dijemur di panas sinar matahari yang terik. Jangan dibakar tar habis topengnya… (gak lucu y).
5.      Nah, low udah kering. Tahap selanjutnya adalah proses pengecatan. Jangan pusing sob soal biaya cat. Beli saja 3 warna primer plus warna hitam n putih.
6.      Ini trik original dari ane (Iwan Setiawan). Kertas itu sifatnya kan menyerap cairan. Biar hemat cat, usahakan sebelum di cat itu permukaan topeng dipoles dulu pake lem. Hasilnya tidak hanya hemat cat sob tapi juga bikin kinclong.
7.      Ok dah, tinggal dilukis aja itu topeng sesuai selera.
Selamat mencoba sobbb, semoga bermanfaat. Mohon maaf low ada yang salah n low yang punya cara lain. Monggooo. Ini cara ane, cara ente gimana???

20 komentar:

  1. ok juga caranya
    kunjungi juga bro.........!
    http://faridcd.blogspot.com/

    BalasHapus
  2. saya masih gank ngerti sob tolong kasih tau caranya di youtube kalok udah tolong kirim link nya sob tanks

    BalasHapus
    Balasan
    1. Maaf beribu maaf baru blz. Saya tidak punya dokumentasinya baik dalam bentuk video bahkan foto sekalipun. Karena tadinya gak ada niatan untuk di posting. Sory sob. :-)

      Hapus
  3. cetakannya kayak apa trus buatnya gimana yang jelas gan

    BalasHapus
    Balasan
    1. sory baru balz, low soal cetakan. Low cetak dalam cukum bikin cekungan n hidungnya aja, trus cetakan diatasnya. Low cetak luar yang harus bagus, karena hasilnya akan membentuk wajah. Selamat mencoba.

      Hapus
  4. tepung kanji LAMA... kalo yang gak suka nunggu. pake lem kayu aja . ex: lem fox... kertas dihilangkan airnya atau ditiriskan. dicampur... :) monggo dicoba gan... kalo sebelum mencetak cetakan dilumuri hambody sbg pelumas.. :) cetakan bisa beli atau bikin dari tanah liat/ lilin mainan.
    visit my blog, seni da ilmu pengetahuan ada disini
    budimanintan.blogspot.com

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terima kasih bang Budiman untuk info tambahannya. Like.

      Hapus
  5. Ada tips cara buat cetakannya?? Atau cara lain daripada menggunakan cetakan? Saya mendapat kendala dalam pembuatan cetakan.

    BalasHapus
    Balasan
    1. bisa saja tanpa cetakan, tetapi lebih baik pake cetakan biar hasilnya lebih bagus. Cetakan juga bisa berguna sebagai penahan bubur selama belum kering.

      Hapus
  6. buat cetakannya selain pake tanah liat, pake apa ya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Alternatif lain cetakan bisa menggunakan kayu. tapi itu makan waktu, karena perlu di ukir terlebih dahulu. Bisa saja menggunakan sterofom yg lebih mudah dibentuk dan tidak kotor. Selamat mencoba.

      Hapus
  7. Nice post.. Membantu tugas seni rupaku :)
    Btw, Bagusnya pakai cat apa ya buat mewarnainya?
    Oh ya, ada tips/saran tidak klo cetakannya pakai balon? (bubur kertasnya dibentuk di permukaan balonnya gtu) :)

    BalasHapus
  8. Bagus juga,itu dibelakang nya pakai tali untuk pengikat atau tidak? Mohon pencerahan nya

    BalasHapus
  9. salah satu karya yang fantastis itu bro...

    BalasHapus
  10. trima kasih bro, atas postingan dan komentar yang melengkapi.

    BalasHapus
  11. sepertinya lebih enak pake bola plastik dibelah 2... bsk baru mau dicoba.. >.<

    BalasHapus
  12. Klau ukuran kertasnya buat bikin satu topeng brapa bnyak/lembar ?

    BalasHapus
  13. butuh berapa hari buat bikin topeng nya?

    BalasHapus
  14. ka kan tadi katanya "sebelum di cat itu permukaan topeng dipoles dulu pake lem. " lem yang bagus lem apaya..?

    BalasHapus

Pembaca yang baik selalu meninggalkan jejak walau 1 kata.
Budayakan komentar yang baik.